Friday, August 9, 2024

CARA MENGISI RATING OBSERVASI GURU OLEH KEPALA SEKOLAH DI PMM

Bapak dan Ibu guru hebat, menginjak diawal semester kita disuguhi pekerjaan untuk melakukan perencanaan di PMM (Platform Merdeka Mengajar). Sebagai ASN baik itu Kepala Sekolah maupun guru diwajibkan untuk mengerjakan Observasi Praktek Kinerja. 

Pada tahap awal kita melakukan perencanaan di PMM dengan memilih salah satu Indikator dari 8 Indikator yang ada di PMM. Indikator tersebut antara lain :

  1. Keteraturan Suasana Kelas
  2. Ekspektasi Pada Peserta Didik
  3. Penerpan Disiplin Positif
  4. Aktivitas Interaktif
  5. Umpan Balik Konstruktif
  6. Instruksi Yang Adaptif
  7. Perhatian dan Kepedulian
  8. Instruksi Pembelajaran
Berdasarkan informasi yang ada di Platform Merdeka Mengajar (PMM) bahwa tahap pelaksaan pengelolaan kinerja terdiri dari lima langkah yang harus dikerjakan oleh guru dan kepala sekolah.
Tahap Pertama bagi guru melakukan persiapan observasi, tahap kedua diskusi persiapan, tahap ketiga observasi kelas, tahap ke empat diskusi tindak lanjut dan tahap kelima refleksi tindak lanjut.


Dalam pelaksaan pengelolaan kinerja yaitu dibagi dua bagian:
Bagian Pertama: Pelaksanaan Observasi
Guru melakukan perencanaan observasi dengan memilih salah satu indikator yang ada di PMM, apabila sudah selesai memilih indikator dan sudah mentukan jadwal observasi, maka kepala sekolah akan melakukan pengisian dokumen rating observasi. Setelah kepala sekolah mengisi dokumen rating observasi, makan guru dan kepala sekolah melakukan diskusi tindak lanjut di bagian pertama, sekaligus kepala sekolah melakukan penilaian tindak lanjut.

Bapak / Ibu guru hebat untuk contoh pengisian rating observasi guru oleh kepala sekolah bisa didapatkan melalui link yang saya lampirkan di bawah.

Bagian kedua: Guru melakukan pelaksanaan hasil tindak lanjut pada bagian pertama yang dipantau oleh kepala sekolah. Setelah guru melaksanakan tindak lanjut dengan pilihan belajar di PMM atau sumber lainnya, maka kepala sekolah melakukan penilaian dokumen refleksi tindak lanjut. Disini kepala sekolah dan guru melakukan diskusi dan kepala sekolah melaksanakan penilaian tindak lanjut berdasarkan pengisian oleh guru. 

Bapak/Ibu penilaian praktek kinerja dianggap selesai dan mencapai 100% apabila semua langkah pada bagian pertama dan bagian kedua dikerjakan dengan baik oleh guru dan kepala sekolah.

Pada bahasan ini admin sebenarnya mau memberikan contoh file untuk pengisian Dokumen Rating Observasi Guru oleh Kepala Sekolah pada pengelolaan praktek kinerja semester 1 dan semester 2. File isian dokumen observasi guru oleh kepala sekolah dapat Bapak/Ibu unduh pada link di bawah ini.

Klik UNDUH

Terima kasih, semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

Contoh Pengisian Catatan Kepala Sekolah Apa Penjelasan Anda Terhadap Penilaian Tersebut?

Guruija.com - Dalam tahapan ke dua observasi praktek kinerja, Kepala Sekolah melakukan penilaian Refleksi Tindak Lanjut setelah guru meleng...