Saturday, August 10, 2024

Perangkat Pembelajaran (CP, TP, ATP dan Modul Ajar) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 8 Fase D Kurikulum Merdeka

Tahun Pelajaran 2024/2025 sudah tiba untuk memulai kegeiatan pembelajaran di sekolah, siswa-siswi sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan aktivitas rutin di sekolah yaitu belajar.

Guru sebagai pendidik juga harus sudah mempersiapkan perangkat pembelajaran, Mulai CP, TP, ATP, dan Modul Ajar, berikut penjelasannya !

1. CP (Capaian Pembelajaran) 

CP adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa pada setiap fase perkembangan. Fase ini dimulai dari fase pondasi pada jenjang / tingkat PAUD, secara substansi fase pondasi belum berbasis pembelajaran. Fase A diperuntukan bagi siswa Sekolah Dasar kelas 1 sampai kelas 2, Fase B diperuntukan bagi siswa Sekolah Dasar kelas 3 dan 4, Fase C diperuntukan bagi siswa Sekolah Dasar kelas 5 dan 6. Sementara siswa tingkat SMP berada pada fase D yaitu diperuntukan bagi kelas 7, 8, dan 9. Untuk siswa SMA/SMK/sederajat kelas 10   berada pada fase E, dan fase F diperuntukan bagi siswa/siswi SMA/SMK/sederajat kelas 11 dan kelas 12.

2. TP (Tujuan Pembelajaran)

TP adalah deskripsi capaian aspek kompetensi, yaitu mulai dari penegtahuan, keterampilan dan sikap yang telah diperoleh siswa dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran.

Tujuan Pembelajaran dibuat dengan memperhatikan bukti yang diamati dan diukur pada siswa. Siswa dapat dinyatakan sebagai salah satu tujuan pembelajaran. Tentu dalam pembelajarannya dibutuhkan observasi yang mendetail pada siswa. 

Didalam penulisan TP sebaiknya mencakup 2 komponen penting, komponen tersebuta adalah:

1. Kompetensi

Kompetensi adalah sebuah kemampuan yang harus didemontrasikan oleh siswa untuk menunjukan apakah dirinya sudah berhasil mencapai tujuan pembelajaran atau belaum?

2. Lingkungan Materi

Lingkungan Materi adalah konten serta konsep utamayang harus dipahami pada akhir satu unit pembelajaran. Dalam lingkungan materi ada panduan pertanyaan yang bisa kita gunakan yaitu hal apa saja yang perlu dipelajari oleh siswa dari suatu konsep besar yang terdapat didalam CP.

3. ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

ATP adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang telah tersusun secara sistematis dan logis didalam fase pembelajaran. dengan adanya alur tujuan pembelajaran ini nantinya akan dijadikan sebuah panduan untuk guru dan siswa untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CP) diakhir suatu fase.

4. Modul Ajar

Modul ajar adalah salah satu perangkat ajar yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan pembelajaran. Guru juga bisa menggunakan modul ajar yang sudah disediakan oleh pemerintah yang bisa dipadankan dengan RPP, dalam modul ajar lebih lengkap apabila dibandingkan dengan RPP.


Berikut ini link downlaod perangkat pembelajaran Mapel PPKn / Pendidikan Pancasila Kelas 8 Kurikulum Merdeka.

Klik Link :

1. CP

2. TP

3. ATP

4. MODUL AJAR

5. ALUR PEMBELAJRAN

6. PROGRAM TAHUNAN

7. PROGRAM SEMESTER GENAP




No comments:

Post a Comment

Contoh Pengisian Catatan Kepala Sekolah Apa Penjelasan Anda Terhadap Penilaian Tersebut?

Guruija.com - Dalam tahapan ke dua observasi praktek kinerja, Kepala Sekolah melakukan penilaian Refleksi Tindak Lanjut setelah guru meleng...