Friday, August 23, 2024

Piloting Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Guru Tertentu Tahap 2 Dalam Jabatan Tahun 2024

Kabar gembira bagi para guru yang sudah lama menunggu ingin terjaring PPG Dalam Jabatan, baru saja Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru akan melaksanakan Piloting PPG bagi guru tertentu Tahap 2 tahun 2024. 

Admin mengucapkan selamat bagi Bapak/Ibu guru yang sudah terpanggil PPG Dalam Jabatan (Daljab) pada Tahap 1, semoga apa yang ditugaskan saat ini tidak menjadi beban tapi jadikan tugas tersebut sebagai pembelajaran untuk meningkatkan kualitas Bapak dan Ibu guru. 

Dan bagi Bapak/Ibu Guru yang terpanggil PPG pada Piloting Tahap 2 harus disyukuri dan mudah-mudahan menjadi berkah bagi Bapak/Ibu semuannya, aamiin.

Berdasarkan surat edaran Direkotar Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan Nomor 1304/B2/GT.00.08/2024 tanggal 19 Agustus 2024, perihal Pelaksanaan Piloting Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) Tahun 2024.  

Dalam isi surat tersebut disampaikan beberapa hal, diantaranya :

1. Piloting PPG akan dilaksanakan oleh 120 Perguruan Tinggi yang memiliki surat keputusan izin pembukaan program studi PPG, ketersediaan bidang studi, serta dosen dan guru pamong penguji (daftar perguruan tinggi sebagaimana Lampiran 1).

2. Pembagian bidang studi, jumlah rombongan belajar dan daftar nama calon mahasiswa selengkapnya dapat dilihat melalui akun SIMPKB masing-masing perguruan tinggi.

3. LPTK menyiapkan sistem lapor diri peserta dengan ketentuan persyaratan (sebagaimana Lampiran 2). Lapor diri peserta dilakukan secara daring di LPTK Penyelenggara sesuai dengan jadwal sebagaimana terlampir. Daftar alamat laman LPTK dapat dilihat di https://ppg.kemdikbud.go.id/info-lptk

4. Informasi pemanggilan peserta disampaikan melalui akun SIMPKB masing-masing peserta. Pembelajaran mandiri dilaksanakan secara daring melalui Platform Merdeka Mengajar/PMM (sebagaimana jadwal pada Lampiran 2).

Dalam Surat Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru, dalam lampiran 1 melampirkan Daftar LPTK Penyelenggara PPG yang berjumlah 120 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Untuk melihat dafatr Perguruan Tinggi yang ditunjuk sebagai penyelenggara PPG dapat dilihat dalam surat edaran yang admin lampirakan dalam menu Unduhan di bawah.

Dalam Lampiran 2 Surat Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru disampaikan Jadwal Pelaksanaan dan Ketentuan Lapor Diri. Beriku ini Jadwal Pelaksanaan dan Ketentuan Lapor Diri.

A. Jadwal Pelaksanaan

1. Pemanggilan peserta di SIMPKB 20 – 28 Agustus 2024

2. Lapor diri dan Orientasi di LPTK 22 – 28 Agustus 2024

3. Pembelajaran mandiri di PMM 29 Agustus – 8 Oktober 2024

4. Pendaftaran UKPPPG di PMM 16 September – 8 Oktober 2024

5. Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 18 – 20 Oktober 2024

6. Pengumuman UKPPPG 12 November 2024

Catatan: Jadwal dapat berubah dan akan diinformasikan lebih lanjut

B. Ketentuan Lapor Diri

Seluruh berkas lapor diri di bawah ini diunggah melalui aplikasi lapor diri LPTK Penyelenggara PPG, sesuai dengan penempatan yang disampaikan pada akun SIMPKB masing-masing.

1. Pakta Integritas (terlampir)

2. Biodata Mahasiswa (sesuai format PD DIKTI)

3. Scan Ijazah S1/DIV yang dilegalisir

4. Scan Transkrip Nilai S1/DIV

5. Scan Kartu Identitas KTP/SIM

6. Scan Pas Foto Berwarna dimensi 4 x 6

7. Scan Surat Keterangan Sehat (dari fasilitas layanan kesehatan)

8. Scan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian

9. Scan Surat Bebas Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lainnya/NAPZA (dari Puskesmas/RSUD setempat/Kepolisian/BNN)

10. Scan NPWP (bagi yang memiliki)

11. Tambahan persyaratan dari LPTK masing-masing

Selanjutnya Lampiran 3 Surat Plt. Direktur Pendidikan Profesi Guru, dilampirkan Fakta Integritas bagi Peserta PPG (Fakta Integritas bisa dilihat pada surat edaran di lampiran 3)

 Bagi bapak/ibu yang membutuhkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, dapat mengunduh pada link unduhan di bawah ini !

Link Unduhan Surat Edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Klik: UNDUH

No comments:

Post a Comment

Contoh Pengisian Catatan Kepala Sekolah Apa Penjelasan Anda Terhadap Penilaian Tersebut?

Guruija.com - Dalam tahapan ke dua observasi praktek kinerja, Kepala Sekolah melakukan penilaian Refleksi Tindak Lanjut setelah guru meleng...