Thursday, August 29, 2024

(Rating Observasi Oleh Kepala Sekolah) Apa saja rekomendasi Anda bagi guru agar Praktik Kinerjanya bisa meningkat di kemudian hari?

Kepala Sekolah akan memberi rating Observasi setelah guru selesai membuat jadwal observasi sesuai dengan indikator yang dipilih. Ketika guru membuat perencanaan di PMM harus memilih target perilaku maskimal 3 point dan tidak disarankan memilih 1 target perilaku, karena akan berdampak pada hasil penilaian bagi guru tersebut.
Selanjutnya apabila guru sudah selesai membuat perencanaan kinerja lengkap dengan jadwal observasi dan sudah unggap RPP atau Modul Ajar. Maka kepala sekolah akan melakukan Observasi kepada guru sesuai jadwal yg sudah dibuat oleh guru. 
Kepala Sekolah akan memberi rating observasi apabila selesai melakukan observasi kepada guru. Rating observasi diisi kepala sekolah sesuai dengan indikator yang guru pilih di PMM.
Setelah Kepala Sekolah memberi rating di target perilaku guru, selanjutnya kepala sekolah memberikan catatan berupa rekomendasi bagi guru agar Praktek Kinerjanya bisa meningkat dikemudian hari. 

Berikut ini jawaban alternatif untuk mengisi rating observasi guru oleh kepala sekolah dengan contoh fokus perilaku/Indikator "Penerapan Disiplin Positif".

Bagi bapak/ibu yang memlih fokus perilaku/indikator yang lain, mengisinya bisa menyesuaikannya.

"Apa saja rekomendasi Anda bagi guru agar Praktik Kinerjanya bisa meningkat di kemudian hari?"

Jawaban : 
Secara keseluruhan, guru cukup mampu menguasai fokus perilaku/indikator yang dipilih guru. Namun bisa ditingkatkan lagi dengan mempelajari strategi Penerapan Disiplin Positif di PMM agar lebih baik untuk kedepannya.

Jawaban alternatif 1 :
Secara keseluruhan, guru cukup menguasai fokus perilaku/indiskator yang dipilih guru. Namun, guru bisa menerapkan strategi pembelajaran yang responsif kepada peserta didik. Disarankan, guru memperbanyak melakukan simulasi pembelajaran dengan rekan sejawat.

Jawaban alternatif 2 :
Untuk meningkatkan kinerja guru dikemudian hari, diharapkan guru melaksanakan kegiatan yang menunjang di antaranya dengan belajar mandiri topik Penerapan Disiplin Positif di PMM. Guru juga bisa berdiskusi dengan sesama guru terkait Penerapan Disiplin Positif.

Jawaban alternatif 3 :
Guru dapat belajar dari pembelajaran yang dilaksanakan oleh rekan guru lainnya. Guru juga bisa aktif dalam kegiatan berbagi Praktik Baik pembelajaran yang dilaksanakan di Komunitas Belajar (Kombel) yang ada di sekolah atau di Komuntas Belajar MGMP.

Jawaban alternatif 4 :
Ada beberapa rekomendasi penting yang perlu diperhatikan oleh guru agar praktik kinerja guru bisa meningkat di kemudian hari, yaitu dengan cara belajar sesama rekan sejawat, belajar dari guru penggerak dan banyak mengikuti kegiatan seminar, workshop, webinar, dll.

Demikian bahasan tentang pengisian rating observasi guru oleh Kepala Sekolah di PMM, semoga bermanfaat. 


No comments:

Post a Comment

Contoh Pengisian Catatan Kepala Sekolah Apa Penjelasan Anda Terhadap Penilaian Tersebut?

Guruija.com - Dalam tahapan ke dua observasi praktek kinerja, Kepala Sekolah melakukan penilaian Refleksi Tindak Lanjut setelah guru meleng...